Memajukan Indonesia Melalui Personal Branding di Era Digital

 Memajukan Indonesia Melalui Personal Branding di Era Digital

ilustrasi oleh : Undraw
Indonesia terkenal akan budaya dan tradisi nya di mata dunia siapa sih dari kita yang tak mengenal budaya Indonesia yang begitu beragam dari sabang hingga merauke semua menjadi satu, tak cuma budaya dan tradisi, Kini Indonesia terkenal akan Teknologi nya yang begitu maju dari segala sektor, kini Indonesia telah menunjukan taringnya di muka dunia sebagai negara yang maju.

Indonesia masih dalam pengembangan terhadap teknologi, tahap demi tahap maju dari keterpurukan, kini Indonesia sudah menuju Industri 4.0 yang dimana Indonesia harus terus menggarap teknologi nya agar lebih maju lagi, termasuk dalam bidang Personal Branding Indonesia terus berbenah agar Personal Branding dapat maju untuk ke depannya, sudah banyak orang Indonesia yang sudah menciptakan inovasi-inovasi dalam memajukan Personal Branding contohnya saja dalam bidang Digital Marketing di Indonesia.

Digital Marketing sebuah kata yang sering kali kita dengar dalam dunia pemasaran di era milenial seperti sekarang. Digital Marketing merupakan usaha untuk melakukan pemasaran sebuah produk atau brand melalui digital atau internet. Tujuannya agar dapat menjangkau konsumen maupun calon konsumen dengan cepat. 

Di Indonesia Digital Marketing mengalami perkembangan yang signifikan, hal ini bisa dilihat dari pengguna internet di Indonesia. Negara kita menempati urutan ke 4 dunia, dengan memiliki jumlah pengguna internet sekitar 202,6 juta jiwa. Tidak heran jika pemasaran melalui digital bisa tumbuh subur dan efektif untuk mempromosikan atau menjual sebuah produk.
ilustrasi oleh : vectorjuice dari Freepik

Banyaknya e-commerce yang hadir di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, membuat persaingan di dunia digital marketing semakin panas. Belum lagi jumlah online shop yang ada di Indonesia, yang tidak bisa dicatat jumlahnya karena tidak terdaftar dan pertumbuhannya sangat masif.

Digital Marketing dan branding adalah dua hal berbeda, namun saling berkaitan. Pasalnya digital marketing yang baik pasti memerlukan branding yang baik juga. Seperti misalnya ketika pertama kali membuka sebuah online shop yang menjual aksesoris-aksesoris dari Korea, namun branding yang dibangun kurang menarik, maka yang terjadi adalah pemasaran yang tidak efektif.

Lalu langkah apa yang harus di bangun di tengah perkembangan Digital Marketing ini?

  • Siapkan teknologi yang akan digunakan

Untuk meningkatkan fleksibilitas, sebagai pelaku Digital Marketing kita harus dapat selalu terhubung dengan semua saluran digital. Tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi di era yang sudah semakin maju seperti ini adalah kewajiban apalagi bila ingin menekuni dunia Digital Marketing yang sesungguhnya.

  • Lakukan branding yang sempurna

Dalam dunia pemasaran terlebih Digital Marketing yang menuntut semuanya serba cepat, dibutuhkan produk yang dapat dengan mudah dikenali dan memiliki strategi tepat sasaran sesuai target yang diinginkan. Maka dari itu, keseluruhan elemen branding yang baik sangat dibutuhkan dalam hal ini.

  • Mengembangkan pemahaman tentang digital marketing

Memiliki pemahaman yang luas tentang Digital Marketing dapat membantu kita dalam menjalankan pemasaran di dunia marketing pastinya. Kita dapat mengerti bagaimana harus mengambil keputusan dalam menangani permasalahan di dunia Digital Marketing.

Sumber : Arlington Research dari Unsplash
Diharapkan pemerintah terus mendukung Teknologi Digital Marketing di Indonesia, dan mungkin Indonesia akan terus maju dengan sumber daya teknologi yang makin beragam dari segala penjuru Indonesia, dan meratakan sumber daya di wilayah-wilayah tertinggal yang ada di Indonesia.

Ayo Kita Memajukan Indonesia Melalui Teknologi Digital Marketing dan Branding 🔥🔥

Jika kamu Memiliki Ide Cerita Tentang Personal Branding, Bisa klik melalui tombol dibawah ini yah, Ide-Ide Kamu akan kami bahas di Next Post dan nama kamu akan kami cantumkan.

Posting Komentar

0 Komentar